Thursday, April 10, 2014

REFLEKSI BD Ke- 5


hai sobat ketemu lagi di refleksi Magic of Lecturer: 
Pada pertemuan ini membahas tentang ENTITAS, VARIAN RELASI, KARDINALITAS
  • ENTITAS
Entitas adalah suatu objek yang dapat didefinisikan dalam lingkungan pemakai, sesuatu yang penting bagi pemakai dalam konteks sistem yang akan dibuat. Sebagai contoh pelanggan, pegawai dll. Seandainya A adalah seorang pegawai maka A adalah isi dari pegawai, sedangkan jika B adalah seorang pelanggan maka B adalah isi dari pelanggan. Karena itu harus dibedakan entitas sebagai bentuk umum dari deskripsi tertentu dan isi entitas seperti A dan B dalam contoh di atas.
  • Fisik Entitas
Entitas yang bersifat fisik. Contoh : pegawai, guru, dan karyawan.
  • Konsep Entitas
Entitas yang tidak bersifat konsep. Contoh: gaji,sekolah
  • Entitas Kuat
Entitas yang mempunyai atribut kunci. Entitas ini bersifat mandiri, keberadaanya tidak bergantung pada entitas lainnya. Percepatan entitas kuat selalu memiliki karakteristik yang unik disebut identifier (sebuah atribut tunggal atau gabungan atribut-atribut yang secara unik dapat digunakan untuk membedakannya dari entitas kuat yang lain).
Kebanyakan entitas dalam suatu organisasi dapat digolongkan sebagai entitas kuat (strong entity) yaitu entitas yang mandiri, yang keberadaannya tidak bergantung pada keberadaan entitas yang lainnya. Instansiasi entitas kuat selalu memiliki karakteristik yang unik (dinamakan identifier atau sering disebut sebagai atribut pengidentifikasi) yaitu, sebuah atribut tunggal atau gabungan atribut-atribut yang secara unik dapat digunakan untuk membedakannya dari entitas kuat yang lain.
  • Entitas Lemah
Entitas yang tidak mempunyai atribut kunci. Entitas lemah diidentifikasikan dengan menghubungkan entitas tertentu dari tipe entitas yang lain ditambah atribut dari entitas lemah. Tipe entitas lain yang dipakai untuk mengidentifikasikan suatu entitas lemah disebut identifying owner dan relasi yang menghubungkan entitas lemah dengan owner disebutidentifying relationship Contoh entitas pegawai.
Contoh Gambar
ENTITAS HOBI ADALAH ENTITAS LEMAH
ENTITAS MAHASISWA ADALAH ENTITAS KUAT
  • VARIAN RELASI
varian relasi
 1. relasi tunggal
relasi yang terjadi dari sebuah himpunan entitas ke himpunan entitas yang sama

2. relasi biner
relasi yang menghubungkan 2 buah entitas


3. relasi multi entitas
relasi dari 3 himpunan entitas atau lebih


4. relasi ganda
relasi yang muncul antar 2 buah himpunan entitas, tidak hanya 1 relasi tetapi lebih
  • KARDINALITAS

macam -macam kardinalitas 
kardilitas minimum : jumlah minimum relasi yang terjadi antar entitas
kardinalitas maximum: jumlah max relasi yang terjadi antar entitas

0 comments:

Post a Comment